HEADLINE
---

PS3 Seri 25 ANTI YLOD di Banding Seri Sebelumnya

Hatta Games - Yellow light of Dead atau yang lebih dikenal dengan YLOD adalah penyakit yang paling ditakuti oleh para pemilik PS3,jika sudah terserang penyakit ini yang terlintas adalah biaya service-nya pasti mahal. Ciri-ciri PS3 yang terkena YLOD adalah saat tombol power dinyalakan lampu hijau menyala kemudian terlihat lampu kuning menyala sebentar dan kemudian merah lagi sambil kedip-kedip. 


Penyakit YLOD ini menyerang PS3 slim seri 20 kebawah terutama yang tebal atau Fat. Lalu bagaimana dengan PS3 seri 25 keatas termasuk slim seri 30 dan Super slim seri 40 apakah anti YLOD??,tentu saja benar seri tersebut  anti YLOD tapi tidak Anti Lost Power!!!.

Sebenarnya ini fenomena lama yang sudah banyak diyakini oleh penjual dan pembeli yang fanatik dan merasa penting dengan seri PS3 bahwa seri 25 lebih baik daripada seri 20,sebagai penjual akan memasang harga yang lebih tinggi untuk seri PS3 seri 25 dibanding seri 20 dan pembeli juga akan selalu mencari PS3 seri 25 dan lebih baik tidak memilih atau membeli jika mereka ditawari PS3 seri 20,tentu hal itu tidak jadi masalah karena masing-masing memiliki kepercayaannya sendiri terhadap suatu barang.

Nah lalu bagaimana untuk yang awam?? sebelum kita bahas lebih lanjut ada baiknya disimak dulu kenapa konsol PS3 bisa YLOD dan Lost Power. Tapi disini saya tidak akan bahas lebih detail ke cara service mesinnya karena saya bukan teknisi dan hanya memaparkan apa yang saya tahu, jika salah bisa dikoreksi.

Pada PS3 seri 20 YLOD terjadi karena Overheat pada board mesin terutama pada bagian Processornya,overheat ini terjadi karena prosessornya masih menggunakan ukuran 65nm sama dengan yang digunakan oleh PS3 Fat sehingga karena overheat ini menimbulkan kerusakan pada solderball menjadi retak atau rusak,sedangkan pada seri 25 keatas ukuran prosessor-nya ini sudah diperkecil oleh SONY menjadi 45nm dan bisa meminimalisir overheat.

Tanda PS3 Terkena YLOD

Untuk Ciri-ciri PS3 yang terkena YLOD sudah saya singgung diatas yaitu pada saat tombol power dinyalakan lampu hijau menyala kemudian terlihat lampu kuning menyala sebentar dan kemudian merah lagi sambil kedip-kedip, sedangkan pada kasus Lost Power pada saat tombol power dinyalakan lampu hijau menyala kemudian mati tanpa ada lampu yang menyala.

Sebenarnya untuk kasus YLOD atau Lost Power tidak harus IC Processornya yang rusak masih ada kerusakan komponen lainnya yang meyebabkan hal itu bisa dari hardisk yang rusak,NEC Tokin,dan komponen lainnya tetapi kebanyakan dari IC Utama yaitu Cell dan RSX. Untuk masalah biaya service sendiri untuk kasus YLOD dan Lost power didaerah saya tarifnya sama yaitu sekitar 300rb-600rb mungkin didaerah lain harganya akan berbeda.

Kesimpulan 

Jadi kesimpulannya ada banyak sekali kekurangan dan kelebihan dari masing-masing seri ini,terlepas dari YLOD atau Lost Power ternyata saya mempunyai konsol PS3 seri 20 dan sudah 3 tahun lebih saya pakai masih aman-aman saja dari  YLOD,mungkin keberuntungan atau bagaimana lama pemakaian dan cara kita merawatnya saja. 

Untuk yang berencana mau membeli PS3 apakah bagus seri 25 atau seri 20 penjelasan saya mungkin bisa membantu,kembali lagi ke diri anda sendiri minatnya yang mana,kedua-duanya bagus dan kedua-duanya juga memiliki penyakit masing-masing karena namanya juga barang elektronika yang bisa rusak kapan saja meskipun itu barang baru sekalipun. dan berhati hatilah bila membeli ps 3 secara online dan semoga bermanfaat sampai jumpa dipostingan berikutnya salam gamers.

Baca Juga:
Posting Komentar